Selasa, 15 Desember 2009

KENAPA EMAS BERWARNA KUNING KEEMASAN DAN TEMBAGA BERWARNA MERAH TEMBAGA?








Kenapa emas berwarna kuning keemasan dan tembaga berwarna merah tembaga?

Emas (Au) dengan nomor atom 79 mempunyai konfigurasi (Xe) 4f14 5d10 6s1.

Susunan elektron ini berkaitan dengan sifat warna kuning emas.

Warna logam terbebtuk berdasarkan transisi elektron di antara ikatan-ikatan energinya. Kemampuan menyerap cahaya pada panjang gelombang untuk menghasilkan warna emas yang khas terjadi karena transisi ikatan d yang melepaskan posisi di ikatan konduksi.

Warna emas juga disebabkan oleh frekuensi plasmon emas yang terletak pada junglat penglihatan, yang mengakibatkan warna merah dan kuning.

Tembaga (Cu) dengan nomor atom 29 mempunyai konfigurasi (Ar) 3d10 4s1.

Jika orbital d dari senyawa koordinasi berpisah menjadi dua kelompok, maka ketika molekul tersebut menyerap foton dari cahaya tampak, satu atau lebih elektron yang berada dalam orbital tersebut akan berpindah dari orbital d yang berenergi lebih rendah ke orbital d yang beenergi lebih tinggi, menghasilkan keadaan atom yang tereksitasi.

Perbedaan energi antara atom yang berada dalam keadaan tereksitasi sama dengan energi fotonyang diserap dan berbanding terbalik dengan gelombang cahaya.

Karena hanya gelombang-gelombang cahaya tertentu saja yang dapat diserap, maka senyawa tersebut akan memperlihatkan warna komplementer.

Terjadinya warna kuning keemasan pada emas dan merah pada tembaga karena adanya kekurangefisienan dalam penyerapan dan pemancaran warna cahaya biru pada spektrum logam tersebut.

Sedangkan warna komplemen dari biru adalah orange yang berasal dari gabungan warna kuning dan merah.

Tembaga memiliki elektron terluar pada orbital 3d sedangkan emas 5d maka apabila terjadi pancaran energi maka emas akan memancarkan energi yang lebih tinggi dan karena dalam hal ini yang dipancarkan adalah jingga (warna cahaya biru diserap) maka emas akan memancarkan warna kuning dan tembaga akan memancarkan warna merah

0 komentar:

Poskan Komentar

Silahkan tulis komentar anda disini ...


Blogspot Template by Isnaini Dot Com. Powered by Blogger and Supported by Lincah.Com - Bugatti Cars